PEMBELAJARAN DI DALAM KELAS
DAN DI LUAR KELAS
Belajar
atau pembelajaran adalah merupakan sebuah kegiatan yang wajib kita lakukan dan
kita berikan kepada anak-anak didik kita. Karena ia merupakan kunci sukses unutk
menggapai masa depan yang cerah, mempersiapkan generasi bangsa dengan wawasan
ilmu pengetahuan yang tinggi. Yang pada akhirnya akan berguna bagi bangsa, negara,
dan agama.
Suatu
pembelajaran dapat dilakukan di dalam maupun diluar kelas, di dalam materi ini
akan disajikan tentang apakah yang dimaksud dengan pembelajaran di dalam kelas
dan pembelajaran di luar kelas
Pembelajaran
di dalam kelas adalah pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa didalam
kelas, kegiatan pembelajarannya seperti pembelajaran biasa diruangan kelas
dengan menggunakan sarana dan prasarana yang ada. Dalam pembelajaran dikelas
ada 4 hal penting dalam proses pembelajaran yang harus diketahui oleh guru,
yaitu:
1. Kehadiran
dari siswa
2. Ketuntasan
kerja siswa
3. Partisipasi
siswa
4. Nilai
siswa
Keempat
hal penting di atas harus ada dalam setiap proses pembelajaran yang harus
diketahui oleh seorang guru, khususnya bagi mereka yang diberi amanah menjadi
wali kelas bagi para peserta didiknya.
Sedangkan pembelajaran di luar kelas adalah
kegiatan di alam bebas atau kegiatan di luar kelas dan mempunyai sifat
menyenangkan, karena kita bisa melihat, menikmati, mengagumi dan belajar
mengenai ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa yang terbentang di alam, yang dapat
disajikan dalam bentuk permainan, observasi/pengamatan, simulasi, diskusi dan
petualangan sebagai media penyampaian materi.
Manfaat
pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran di luar kelas yaitu:
1.
Meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, karena kegiatan belajar lebih
menarik dan tidak membosankan.
2.
Siswa dapat memahami dan menghayati aspek-aspek kehidupan yang ada di
lingkungannya, sehingga dapat membentuk pribadi yang tidak asing dengan
kehidupan di sekitarnya, serta dapat memupuk rasa cinta lingkungan.
3.
Hakikat belajar akan lebih bermakna sebab siswa dihadapkan dengan situasi dan
keadaan yang sebenarnya atau bersifat alami.
4.
Bahan-bahan yang dapat dipelajari lebih kaya serta lebih faktual sehingga
kebenarannya lebih akurat.
5.
Kegiatan belajar siswa lebih komprehensif dan lebih aktif sebab dapat dilakukan
dengan berbagai cara seperti mengamati, bertanya atau wawancara, membuktikan
atau mendemonstrasikan, menguji fakta, dan lain-lain.
6.
Sumber belajar menjadi lebih kaya sebab lingkungan yang dapat dipelajari bisa
beraneka ragam seperti lingkungan sosial, lingkungan alam dan lingkungan
buatan.
7.
Mencegah siswa belajar hanya pada tingkat verbal saja
8.
Melatih siswa untuk mengkonstruk konsep dari pengalaman-pengalaman yang
menyenangkan.
9.
Memberikan informasi teknis, kepada peserta secara langsung
10.Pengajaran
dapat lebih merangsang kreativitas anak.
Penulis : Yayuk Nur R.D
(A510130130)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar