Blog ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah ICT yang diampu oleh Ibu Nur Amalia dan diperuntukan bagi pemerhati pendidikan terutama Sekolah Dasar.

Kamis, 16 April 2015

PEMBELAJARAN DI DALAM KELAS DAN DI LUAR KELAS

PEMBELAJARAN DI DALAM KELAS DAN DI LUAR KELAS
Belajar atau pembelajaran adalah merupakan sebuah kegiatan yang wajib kita lakukan dan kita berikan kepada anak-anak didik kita. Karena ia merupakan kunci sukses unutk menggapai masa depan yang cerah, mempersiapkan generasi bangsa dengan wawasan ilmu pengetahuan yang tinggi. Yang pada akhirnya akan berguna bagi bangsa, negara, dan agama.
Suatu pembelajaran dapat dilakukan di dalam maupun diluar kelas, di dalam materi ini akan disajikan tentang apakah yang dimaksud dengan pembelajaran di dalam kelas dan pembelajaran di luar kelas
Pembelajaran di dalam kelas adalah pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa didalam kelas, kegiatan pembelajarannya seperti pembelajaran biasa diruangan kelas dengan menggunakan sarana dan prasarana yang ada. Dalam pembelajaran dikelas ada 4 hal penting dalam proses pembelajaran yang harus diketahui oleh guru, yaitu:
1. Kehadiran dari siswa
2. Ketuntasan kerja siswa
3. Partisipasi siswa
4. Nilai siswa
Keempat hal penting di atas harus ada dalam setiap proses pembelajaran yang harus diketahui oleh seorang guru, khususnya bagi mereka yang diberi amanah menjadi wali kelas bagi para peserta didiknya.
Sedangkan pembelajaran di luar kelas adalah kegiatan di alam bebas atau kegiatan di luar kelas dan mempunyai sifat menyenangkan, karena kita bisa melihat, menikmati, mengagumi dan belajar mengenai ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa yang terbentang di alam, yang dapat disajikan dalam bentuk permainan, observasi/pengamatan, simulasi, diskusi dan petualangan sebagai media penyampaian materi.
Manfaat pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran di luar kelas yaitu:
1. Meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, karena kegiatan belajar lebih menarik dan tidak membosankan.
2. Siswa dapat memahami dan menghayati aspek-aspek kehidupan yang ada di lingkungannya, sehingga dapat membentuk pribadi yang tidak asing dengan kehidupan di sekitarnya, serta dapat memupuk rasa cinta lingkungan.
3. Hakikat belajar akan lebih bermakna sebab siswa dihadapkan dengan situasi dan keadaan yang sebenarnya atau bersifat alami.
4. Bahan-bahan yang dapat dipelajari lebih kaya serta lebih faktual sehingga kebenarannya lebih akurat.
5. Kegiatan belajar siswa lebih komprehensif dan lebih aktif sebab dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti mengamati, bertanya atau wawancara, membuktikan atau mendemonstrasikan, menguji fakta, dan lain-lain.
6. Sumber belajar menjadi lebih kaya sebab lingkungan yang dapat dipelajari bisa beraneka ragam seperti lingkungan sosial, lingkungan alam dan lingkungan buatan.
7. Mencegah siswa belajar hanya pada tingkat verbal saja
8. Melatih siswa untuk mengkonstruk konsep dari pengalaman-pengalaman yang menyenangkan.
9. Memberikan informasi teknis, kepada peserta secara langsung
10.Pengajaran dapat lebih merangsang kreativitas anak.


Penulis : Yayuk Nur R.D (A510130130)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar